NAMA : INTAN EKA YUDIANASARI
NIM : 140412601130
BOOTH
BALIPPUCINO
Booth balippucino merupakan suatu booth yang
menjual aneka rasa minuman. Yang
bertempatkan di jl.ambarawa . booth balippucino buka dari hari senin - jumat, jam 09:00 – 21:00, dan
di hari sabtu dan minggu buka jam 11:00 – 21:00. Dalam proses perdagangannya
produsen balippucino menyediakan 60 cup sehari
dengan 1 cup Rp 6000. Usaha balipuccino ini tersebar di kota malang yang
letaknya stategis dekat dengan kampus seperti di UB, UM, dan UMM. Alasan
produsen memilih membuka usaha balippucino ini karena profit yang dihasilkan
lumayan besar, dan minat konsumen untuk membeli juga besar. Kata devi
(konsumen) salah satu mahasiswa UM yang membeli balippucino mengatakan “membeli
minuman balippucino di ambarawa selain harganya yang murah juga pelayanan yang
diberikan menarik karena produsen balippucino murah senyum, ramah dan sopan”.
Dadang (produsen)
balippucino mengatakan motifnya memilih usaha minuman aneka rasa ini karena
dimalang merupakan kota metropolitan yang terdapat banyak kampus serta jumlah
mahasiswa yang cukup banyak pula, dan
kebanyakan mahasiswa-mahasiswa di malang menyukai jajan terutama minuman. Iklim yang panas dan
dingin dimalang sangat mendukung usaha minuman termasuk usaha balipuccino dengan
aneka rasa chocolate, cappucino, mocca dan milky milk. Dalam 1 hari mereka bisa
menjual 60 cup dengan 1 cup seharga 6000 jadi penghasilan yang mereka peroleh
sehari sekitar Rp 360.000 per-hari, Rp
2.520.000,- per-minggu, Rp 10.800.000,- per-bulan, meskipun terkadang tidak
begitu banyak cup yang terjual habis dalam 1 hari tetapi produsen tidak putus
semangat mereka selalu membuat hal yang baru seperti menciptakan varian rasa yang berbeda untuk menarik
konsumen seperti balippucino rasa kacang
hijau, memberikan hadiah dengan cara setiap pembelian 2 balippucino konsumen
mendapatkan hadiah souvenir yang diberikan oleh produsen, atau bisa juga melakukan promosi (advertisement)
yang menerangkan bahwa booth yang anda memiliki fasilitas pelayanan lebih baik
dibandingkan sebelumnya. Banyak jalan untuk mempromosikan usaha, misalnya
dengan iklan dimedia massa maupun spanduk, leaflet atau billboard yang dipasang
dilokasi strategis. Selain itu produsen mengatakan meskipun banyak pesaing seperti
booth pop ice chocolate dan booth teh racik tetapi produsen balippucino tetap
optimis dan yakin bahwa dagangannya bisa melebihi booth-booth para pesaing
karena booth balippucino membuat minuman dengan racikan dengan hati yang diyakini berarti positif terhadap kepuasan
konsumen di Booth balippucino. Dan
menurut saya usaha ini begitu menarik untuk prospek kedepannya karena usaha
balippucino memproduksi minuman dimana selain letaknya yang strategis yaitu di
lingkungan sekitar kampus yang biasanya banyak mahasiswa yang mengisi waktu
luang untuk membeli cemilan ketika suntuk ataupun ketika selesai
beraktifitas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar