Selasa, 21 April 2015

kewirausahaan booth balippucino




NAMA       : INTAN EKA YUDIANASARI
NIM            : 140412601130

BOOTH
BALIPPUCINO

 

Booth balippucino merupakan suatu booth yang menjual aneka rasa minuman. Yang bertempatkan di jl.ambarawa . booth balippucino buka dari hari senin - jumat, jam 09:00 – 21:00, dan di hari sabtu dan minggu buka jam 11:00 – 21:00. Dalam proses perdagangannya  produsen balippucino menyediakan 60 cup sehari dengan 1 cup Rp 6000. Usaha balipuccino ini tersebar di kota malang yang letaknya stategis dekat dengan kampus seperti di UB, UM, dan UMM. Alasan produsen memilih membuka usaha balippucino ini karena profit yang dihasilkan lumayan besar, dan minat konsumen untuk membeli juga besar. Kata devi (konsumen) salah satu mahasiswa UM yang membeli balippucino mengatakan “membeli minuman balippucino di ambarawa selain harganya yang murah juga pelayanan yang diberikan menarik karena produsen balippucino murah senyum, ramah dan sopan”.
Dadang (produsen) balippucino mengatakan motifnya memilih usaha minuman aneka rasa ini karena dimalang merupakan kota metropolitan yang terdapat banyak kampus serta jumlah mahasiswa yang cukup banyak pula,  dan kebanyakan mahasiswa-mahasiswa di malang menyukai  jajan terutama minuman. Iklim yang panas dan dingin dimalang sangat mendukung usaha minuman termasuk usaha balipuccino dengan aneka rasa chocolate, cappucino, mocca dan milky milk. Dalam 1 hari mereka bisa menjual 60 cup dengan 1 cup seharga 6000 jadi penghasilan yang mereka peroleh sehari sekitar  Rp 360.000 per-hari, Rp 2.520.000,- per-minggu, Rp 10.800.000,- per-bulan, meskipun terkadang tidak begitu banyak cup yang terjual habis dalam 1 hari tetapi produsen tidak putus semangat mereka selalu membuat hal yang baru seperti  menciptakan varian rasa yang berbeda untuk menarik konsumen seperti balippucino rasa  kacang hijau, memberikan hadiah dengan cara setiap pembelian 2 balippucino konsumen mendapatkan hadiah souvenir yang diberikan oleh produsen, atau bisa juga melakukan promosi (advertisement) yang menerangkan bahwa booth yang anda memiliki fasilitas pelayanan lebih baik dibandingkan sebelumnya. Banyak jalan untuk mempromosikan usaha, misalnya dengan iklan dimedia massa maupun spanduk, leaflet atau billboard yang dipasang dilokasi strategis. Selain itu produsen mengatakan meskipun banyak pesaing seperti booth pop ice chocolate dan booth teh racik tetapi produsen balippucino tetap optimis dan yakin bahwa dagangannya bisa melebihi booth-booth para pesaing karena booth balippucino membuat minuman dengan racikan dengan hati yang  diyakini berarti positif terhadap kepuasan konsumen di Booth balippucino. Dan menurut saya usaha ini begitu menarik untuk prospek kedepannya karena usaha balippucino memproduksi minuman dimana selain letaknya yang strategis yaitu di lingkungan sekitar kampus yang biasanya banyak mahasiswa yang mengisi waktu luang untuk membeli cemilan ketika suntuk ataupun ketika selesai beraktifitas. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar